Penyakit Bipolar Disorder dan Cara Mengatasinya

No Comments on Penyakit Bipolar Disorder dan Cara Mengatasinya

Penyakit bipolar disorder merupakan penyakit yang menyerang psikologi seseorang. Mungkin belum banyak yang tahu mengenai penyakit ini, memang pada dasarnya penyakit ini tergolong penyakit langka yang hanya menyerang orang yang kelebihan pikiran (beban hidup). Diprediksi orang perkotaan mempunyai resiko yang lebih besar terkena penyakit bipolar disorder daripada orang pedesaan. Faktor pekerjaan juga mempunyai peran penting dalam menentukan psikologis seseorang, hal inilah yang memicu terjadinya penyakit bipolar disorder.

bipolar-disorder

Pengertian Penyakit Bipolar Disorder

Bipolar disorder adalah penyakit yang terkait dengan gangguan psikologi seseorang, ditandai dengan adanya depresi dan juga perubahan mood secara tiba-tiba. Penyakit ini akan mengakibatkan seseorang berganti ekspresi secara tiba-tiba sehingga orang yang terbiasa melihatnya menjadi hal yang aneh.  Perubahan ekspresi dari penyakit ini tidak tanggung-tanggung, yaitu sangat ekstrim sekali. Oleh karena itu penyakit bipolar disorder lebid dari sekedar penyakit strees yang sering dijumpai pada seseorang.

Kata bipolar disorder diambil dari dua suku kata, yaitu bipolar yang berarti dua kutub dan juga disorder yang berarti depresi. Dalam pengertian secara luasnya penyakit bipolar disorder diartikan sebagai gangguan jiwa yang sangat berat pada seseorang. Untuk itu penanganan penyakit ini harus mengedepankan ketengan jiwa yang mana akan dapat membantu pola pikir dan psikologi dari penderita penyakit ini.

Apa itu Bipolar Disorder?

Penyakit bipolar disorder pertama kali populer di Indonesia pada pertengahan tahun 2014. Pada saat itu artis cantik Marshanda di diagnosa mengidap penyakit ini. Dari kasus tersebut penyakit ini mulai  populer pada masyarakat Indonesia. Jika anda mengetahui kasus yang di derita oleh Marshanda maka secara garis besar anda juga sudah mengetahui tentang pengertian penyakit ini. Secara simple definisi penyakit ini menyerupai dengan pengertian penyakit kejiwaan yang berat/ depresi berat. Dan anehnya hal ini berlangsung secara tiba-tiba, sehingga orang yang disekitarnya/ mengenalnya akan merasa bahwa orang tersebut telah mengalami gangguan jiwa.

Penyebab Penyakit Bipolar Disorder

Penyakit ini disebabkan oleh beberapa faktor, faktor yang utama adalah adanya terganggunya polapikir akibat situasi dan kondisi tertentu. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah penyebab dari penyakit bipolar disorder:

  1. Genetika/ faktor keturunan
  2. fisiologis, yaitu tidak seimbangnya cairan di dalam otak
  3. Lingkungan, hal ini dapat dipicu oleh beberapa faktor pendukung yang diantaranya adalah sebagai berikut:
    1. Strees
    2. Penyalahgunaan obat
    3. Kurang tidur
    4. Perubahan musiman
    5. obat-obat tertentu

Gejala, Tanda dan Ciri-ciri

Gejala Penyakit Bipolar disorder mempunyai beberapa gejala, tanda dan ciri yang menyertainya, berikut ini adalah gejalanya:

  1. Sulit berkonsentrasi
  2. Perubahan penampilan yang drastis
  3. mood sering berganti
  4. berani menentang siapapun
  5. Suasana hati yang sering murung
  6. selalu ingin sendiri
  7. malas untuk melakukan sesuatu
  8. mudah lelah
  9. mudah putus asa
  10. sering merasa bersalah
  11. nafsu makan tidak menentu kadang sangat senang makan dan kadang tidak senang
  12. tidak bergairah melakukan sex
  13. sulit tidur
  14. kurang percaya diri
  15. mudah marah-marah

Gejala tersebut biasanya berbeda antara penderita satu dengan penderita lainnya, namun secara umum tandanya sama semua.

Cara Mengatasi,

Sampai saat ini belum ada obat yang mujarab untuk mengatasi penyakit bipolar disorder.  Jika sudah terkena penyakit ini maka terapi pengendalian diri adalah alternatif terbaik untuk melakukan pengobatan. Sebenarnya hal yang paling dibutuhkan untuk mengatasi penayakit ini adalah ketenangan jiwa dan ketenangan pikiran. Dengan mempunyai pikiran yang tenang, penderita akan mudah untuk melakukan pemulihan psikologis. Memang yang tahu tentang cara mengetahui ketenangan pikiran adalah diri sendiri, oleh karena itu seorang penderita penyakit bipolar disorder disarankan untuk  dijaga perasaan dan jangan pernah disakiti.

Selain dengan terus memperhatikan kondisi dan perasaan, perlu juga memperhatikan asupan makanan yang masuk dalam tubuh. Bila perlu tambahkan suplemen untuk menunjang kondisi fisik.

Pencegahan

Kenyamanan dalam hidup merupakan kunci terhindarnya diri kita dari segala penyakit termasuk penyakit kejiwaan. Pikiran yang tenang dalam setiap menghadapi masalah, kondisi fisik yang kuat juga merupakan salah satu kunci sukses menjadi diri terhindar dari segala penyakit. Yang terpenting untuk menghindari penyakit bipolar disorder adalah tetap menjaga diri dari pikiran yang buruk.

Itulah seputar penyakit bipolar disorder, smoga bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *