Mitos dan Fakta Tentang Tidur

No Comments on Mitos dan Fakta Tentang Tidur

Rata rata orang yang super sibuk enggan membuang waktunya hanya untuk istirahat/tidur, waktu sangatlah berharga bagi mereka . Padahal sebenarnya tubuh maupun otak kita perlu istirahat yang cukup dan berkualitas. Banyak yang tidak menyadari bahwa jarang dari mereka yang memiliki apa yang disebut dengan tidur yang berkualitas.

Mitos seputar tidur pun kian berkembang di masyarakat. Lalu bagaimana faktanya ?
beberapa orang beranggapan:

Mitos : Tidur berkualitas cukup 4 – 5 jam.
Fakta :
Tidak masalah jika Anda hanya melakukan ini sesekali. Mungkin Anda terlelap tidur, namun sebenarnya waktu tidur Anda tidak cukup. Meski segar ketika bangun keesokan paginya, tapi memasuki siang tubuh Anda akan mulai kuyu.
Waktu tidur yang baik adalah berkisar antara 6 – 8 jam per hari. Jika waktu tidur Anda kurang dari ini, maka akan mengganggu kinerja tubuh yang memproduksi hormon pertumbuhan yang sebenarnya diperlukan untuk memelihara otot serta memperbaiki sel-sel yang rusak. Akibatnya, Anda akan lebih sensitive, mudah marah, lebih emosional dan kulit pun terlihat kusam.

Mitos : Kurang tidur hari ini dapat dibayar dengan tidur lebih lama esok harinya
Fakta :
Hal ini sama sekali tidak dibenarkan, balas dendam keesokan harinya setelah hari ini begadang semalaman bukanlah jalan keluar yang disarankan untuk menghilangkan lelah. Menurut penelitian medis, tidur terlalu lama justru akan membuat seseoran lemas dan sakit kepala karena tubuh tidak berjalan sesuai ritme dan bahkan akan mempercepat kerusakan sel. Jam biologis pun akan ikut terpengaruh jika Anda mengikuti metode tidur balas dendam ini. Solusinya jika Anda terpaksa begadang atau tidur singkat, cobalah untuk menambah satu jam saja dari durasi tidur Anda keesokan harinya.

Mitos : Badan Kurus dengan Begadang
Fakta : Kurang tidur justru dapat merusak diet. Pasalnya, saat Anda kurang tidur, hormone leptin (pemberi sinyal kenyang pada tubuh) menurun jumlahnya hingga 20% dan malah akan membuat Anda ingin terus mengunyah makanan.

Intinya jangan mudah percaya mitos yang beredar seputar tidur. Namun fakta dari National Sleep Foundation menyebutkan bahwa 16% orang dewasa hanya tidur kurang dari 6 jam per malam. Padahal durasi tidur yang dibutuhkan untuk melindungi Anda dari obesitas, depresi dan hipertensi adalah berkisar antara 6 – 8 jam per malam. Bagaimana dengan Anda ?
Coba minum Ace Maxs karena Ace Maxs terbukti membuat tidur anda berkualitas dan ikuti dosis yang disarankan, Insyaallah kebiasaan tidur yang cukup akan anda dapatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *