Menu Diet Untuk Penderita Gagal Ginjal

No Comments on Menu Diet Untuk Penderita Gagal Ginjal

Menu diet untuk penderita gagal ginjal ~ Penyakit gagal ginjal merupakan penyakit yang lazim terjadi pada seorang manusia, jika seorang telah mengalami gagal ginjal itu berarti telah terjadi kerusakan yang seirus pada kedua organ ginjal maupun salah satu pada organ ginjal. Tindakan yang biasa dilakukan oleh seorang yang mengalami gagal ginjal adalah dengan cuci darah (hemodialisa). Namun jika gagal ginjal tersebut sudah parah dan tidak bisa diselamatkan maka pemotongan ginjal adalah satu-satunya cara yang dapat dilakukan (jika ginjal yang satunya masih normal). Memang biasanya seorang yang mengalami gagal ginjal hanya akan menyerang pada ginjal sebelah, dapat ginjal bagian kanan maupun ginjal yang bagian kiri. Pada dasarnya kedua hinjal tersebut adalah mempunyai fungsi yang sama.

menu diet penderita gagal ginjal

Jika mengalami gagal ginjal maka seseorang dituntut untuk diet ketat agar lebih menunjang dalam penyembuhan gagal ginjal tersebut. Ada aturan tersendiri jika sudah mengalami gagal ginjal, tidak boleh makan sembarangan dan juga tidak boleh minum sembarangan pula. Asupan mineral juga harus sangat diperhatikan, tidak boleh lebih dan juga kurang, jika kurang tentu akan memperlambat dalam pemulihan fungsi ginjal namun jika berlebihan maka akan memperberat kinerja ginjal yang sedang sakit. Nah sehingga diet sangat diperlukan bagi penderita gagal ginjal, apa saja menu diet untuk penderita gagal ginjal? berikut ulasannya.

Menu Makanan dan Minuman Untuk Diet Penderita Gagal Ginjal

Ada beberapa menu diet yang harus dilakukan oleh penderita gagal ginjal, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Pilih Makanan yang Rendah Kalium

    Bagi penderita gagal ginjal disarankan untuk makan makanan yang rendah kalium. Bahan makanan yang tinggi kalium diantaranya pisang, jeruk, kentang, bayam dan tomat sedangkan makanan yang rendah kalium yaitu apel, kubis, buncis, anggur dan stroberi.
    Bagi penderita yg sedang mengkonsumsi Ace Maxs boleh mengurangi asupan buah (karena pada dasarnya bahan dari acemaxs sendiri adalah buah)

  2. Hindari Makanan Olahan dengan Garam Tambahan

    Hal ini karena natrium dapat menyebabkan penumpukan cairan dalam tubuh sehingga jumlah asupan makanan yang mengandung natrium harus dibatasi, terutama jika penderita juga mengidap tekanan darah tinggi (hipertensi) dan edema (pembengkakan).
    Kurangi jumlah garam yang dimakan penderita setiap harinya dengan menghindari produk-produk makanan olahan yang memakai tambahan garam seperti ikan asin termasuk makanan beku, sup kalengan dan makanan cepat saji. Begitu juga dengan cemilan asin, sayuran kaleng dan daging atau keju olahan.

  3. Batasi Asupan Fosfor

    Fosfor adalah salah satu jenis mineral yang banyak ditemukan pada makanan seperti susu, keju, kacang kering, kacang-kacangan dan selai kacang. Kelebihan jumlah fosfor dalam darah penderita akan melemahkan tulang dan menyebabkan kulit gatal-gatal

  4. pilih makanan yang cukup energi dan rendah protein

    Sebagai sumber protein, pilih protein hewani, misalnya: susu, sapi, daging, dan ikan. Banyaknya yg di konsumsin sesuaikan dengan seberapa  fungsi ginjal penderita.

  5. sumber lemak juga masih di butuhkan tetapi batasi dan utamakan lemak tidak jenuh, dengan kebutuhan sekitar 25 persen dari total energi yang diperlukan.
  6. Untuk kebutuhan air, dianjurkan sesuai dengan jumlah urine 24 jam; sekitar 500 mililiter melalui minuman dan makanan.
  7. Dianjurkan juga mengonsumsi agar-agar karena selain mengandung sumber energi juga mengandung serat yang larut.

Penting untuk diperhatikan kepada setiap penderita penyakit gagal ginjal bahwa berkonsultasi kepada Spesialis Gizi merupakan langkah yang lebih baik untuk menunjang kesembuhan dari penyakit gagal ginjal. Disana akan diukur seberapa besar porsi makanan dan minuman yang dibutuhkan untuk anda sebagai penderita gagal ginjal.

Menurut pengalaman gagal ginjal sangat bagus jika ditunjang dengan obat herbal Ace Maxs yang terbuat dari ekstrak kulit manggis daun sirsak. Jika mau dipadukan antara hemodialisa dengan ace maxs maka akan lebih mempercepat proses penyembuhan penyakit gagal ginjal. Ace maxs mengandung zat anti oksidant yang tinggi dan juga mempunyai kandungan xanthone sehingga sangat baik untuk penyembuhan penyakit gagal ginjal.

Itulah menu diet untuk penderita gagal ginjal baik kronis maupun akut, semoga bisa membantu anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *