HIPOTENSI DAN SOLUSINYA

No Comments on HIPOTENSI DAN SOLUSINYA

Hipotensi adalah tekanan darah yang rendah sehingga tidak mencukupi untuk perfusi dan oksigenasi jaringan adekuat. Hipotensi dapat primer atau sekunder. Atau dengan kata lain, hipotensi adalah tekanan darah rendah yang ditandai dengan nilai sistole/diastole di bawah 100/80mmHg.
 
Hipotensi timbul akibat penurunan curah jantung atau penurunan resitensi perifer. Penurunan curah jantung terjadi pada penyakit Addison, miokarditis, infrak miokard, dan perikarditis dengan efusi, tekanan darah rendah juga dapat terjadi setelah perdarahan.
Penurunan tekanan darah yang menyolok yang terjadi pada efusi perikardium merupakan tanda prognosis yang serius dan merupakan petunjuk untuk dilakukan perikardiosentesis.
Penurunan resistensi perifer yang mendadak (kolaps vasomotor) dapat terjadi pada pneumonia, septikemia, insufisiensi adrenal akut (sindroma Watrehouse-Priedrichsen) dan keracunan obat-obatan.
Penurunan tekanan darah pada saat berdiri mungkin cukup besar untuk menimbulkan iskemia otak dan sinkop. Hipotensi ortostatik ini sering kita jumpai pada penderita anemia berat dan pada orang yang telah berusia lanjut yang menderita atterioklerosis parah yang tidak dapat memberi respon yang cepat atas perubahan posisi tubuh yang mendadak. Hipotensi mungkin merupakan tanda gangguan pengatauran otonom pada sindroma Shy-Drager
Hanya dengan Rp.166.000,- keluhan anda akan teratasi. Info Lengkap KLIK DISINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *