Cara Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

No Comments on Cara Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Perilaku hidup sehat lagi lagi merupakan kunci cara menurunkan Kolesterol Tinggi.
Mengapa demikian ?…Kita sudah tahu, bahwa resiko terkena penyakit jantung itu berasal dari kadar kolesterol yang tinggi. Anda dapat menurunkan kolesterol tinggi dengan obat, tetapi sejauh mana efektivitas obat? Seberapa besar efek sampingnya terhadap hati? Apa untuk menurunkan kolesterol tinggi, dokter atau ahli merekomendasikan obat? Selama ada cara yang lebih aman dan efisien, kenapa kita tidak melakukannya? Tentu saja, dengan cara mengubah gaya hidup.

Cara yang paling tepat untuk menurunkan kolesterol tinggi adalah dengan mengubah gaya hidup. Dibawah ini adalah perubahan gaya hidup yang sederhana dan bisa anda lakukan untuk menurunkan kolesterol tinggi : Anda juga dapat meningkatkan efektifitas dalam menurunkan kolesterol tinggi dengan juga mengkonsumsi obat.

Berat badan anda turun

Kehilangan sedikitnya 5 sampai 10 pound (sekitar 2 sampai 5 kilogram) dapat membantu menurunkan kolesterol. Mulailah dengan malakukan kebiasaan makan dan rutinitas sehari-hari.

Konsumsi makanan sehat untuk jantung

Cara yang cukup efektif untuk menurunkan kolesterol adalah dengan memilih makanan yang sehat. Sebagai contoh rencana yang bisa anda ikuti :

  • Lemak yang anda konsumsi adalah lemak sehat. Salah satu contoh lemak yang tidak baik atau yang jahat dapat ditemukan di daging dan produk susu, karena lemak disini merupakan lemak jenuh dan terdiri dari low -density lipoprotein (LDL),.
  • Batasi kolesterol dalam makanan Anda.
  • Pilihlah menu makan yang kaya asam lemak omega -3.

Olah raga yang cukup.
Kelebihan berat badan atau tidak, olahraga dapat dipakai sebagai cara menurunkan kolesterol tinggi. Ditambah lagi, dengan melakukan aktifitas fisik maka akan membantu terbentuknya kolesterol baik yaitu High-density lipoprotein (HDL). Tidak perlu melakukan olahraga yang berat untuk menurunkan kolesterol tinggi, yang paling penting adalah anda melakukannya secara “rutin”.

Berhentilah merokok.

Berhenti merokok dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL Anda. Tidak hanya itu, masih ada manfaat lain dari berhenti merokok. Hanya 20 menit setelah berhenti, tekanan darah menurun. Resiko dari serangan jantung akan menurun dalam 24 jam. Dan dalam waktu 1 tahun, resiko terkena serangan jantung akan berkurang setengah dari waktu yang dihabiskan bila digunakan untuk merokok. Resiko terkena serangan jantung akan seperti anda yang tidak pernah merokok dalam waktu 15 tahun. Dibuktikan saja.

Hindari minuman beralkohol

Minum minuman beralkohol berhubungan dengan tingginya tingkat kolesterol. Untuk berhenti minum – minuman beralkohol mungkin akan sangat sulit bagi mereka yang sudah terbiasa dengan gaya hidup seperti itu. Namun, akan menjadi efek baik untuk jangka panjang bila hal itu dapat diminimalisir bahkan dihilangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *