Alasan Mengapa Liburan Menyehatkan

No Comments on Alasan Mengapa Liburan Menyehatkan

Mungkin setelah satu minggu bekerja membuat kita merasa bosan dan kehilangan semangat hidup atau mungkin malah stress, kalau sudah begitu ada baiknya kita tinggalkan dasi, sepatu high heels, laptop, atau tumpukan pekerjaan Anda. Kemudian Rencanakan liburan sekarang juga demi kesehatan. Beberapa penelitian ilmiah menunjukkan mengapa kita wajib mengagendakan liburan di sela rutinitas.
1. Menurunkan risiko penyakit jantung

Menurut penelitian yang melibatkan 13.000 orang yang beresiko tinggi terkena serangan jantung, mereka yang secara rutin berlibur setahun sekali risikonya terkena penyakit jantung turun sampai 29 persen.

2. Memperpanjang usia

Studi yang sama juga menemukan orang-orang yang suka berlibur memiliki risiko kematian lebih rendah 17 persen dibanding mereka yang terus berkutat dengan kesibukannya.

3. Membuat bahagia

Para peneliti di Belanda menemukan bahwa berlibur meningkatkan rasa bahagia, bahkan sejak kita mulai merencanakannya. Studi yang dimuat dalam jurnal Psychosomatic Medicine tahun 2009 menyebutkan, berlibur dan aktivitas waktu luang lainnya memberi kita pandangan yang positif akan segala hal dan menurunkan tingkat depresi.

4. Mempererat hubungan

Tim dari Rural Women’s Health Study mengungkapkan adanya kaitan langsung antara frekuensi berlibur dengan kepuasan pernikahan pada pasangan yang sudah menikah lama. Makin menyenangkan liburan yang dilakukan, makin bahagia mereka di rumah.

5. Meningkatkan produktivitas

Berbagai penelitian pada pekerja menunjukkan, mengambil cuti untuk berlibur bermanfaat untuk memulihkan diri dari stres. Seperti diketahui, stres yang bisa diatasi akan meningkatkan produktivitas kerja.

Nah sudah tahu kan alasan pentingnya berlibur disela-sela rutinitas kita, jadi bagi anda yang ingin mendapatkan manfaat-manfaat positif diatas, tidak ada salahnya anda mencobanya. 
Dikutip dari kompas.com dengan beberapa penambahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *